Korelasi Ubud Festival & Sumpah Pemuda

Korelasi Ubud Festival & Sumpah Pemuda

16/10/2016 Off By toto

Oktober 2016, kembali datang, Ubud writers & readers festival kembali digelar pada tanggal 26 sampai dengan 30 Oktober bulan ini. Dalam hari hari tersebut secara nasional kita memperingati Sumpah Pemuda, apakah kaitannya kegiatan itu dengan sumpah pemuda ?

Secara langsung panitia penyelenggara kegiatan tersebut tidak mempunyai maksud politis merentang kegiatan di tanggal yang bernuansa Sumpah Pemuda. Namun secara filosofis dan pemaknaan boleh dibilang bahwa anak bangsa mampu berkontribusi secara internasional dalam konteks keIndonesiaannya. Ini sebuah kebanggaan. Kita lihat berapa banyak orang Indonesia yang terlibat dan dihargai secara internasional dalam urusan buadaya dan kreativitas ? Cukup banyak dan patut disandingkan dengan para budayawan internasional papan atas, setara dengan para penulis besutan Penguin, misalnya.

 

 

Besok, 28 Oktober 2015 mulai digelar Ubud Writer & Reader Festival (UWRF) 2015. Pemilihan harinya, 28 Oktober, bertepatan dengan Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda, dan UWRF ini juga bertemakan yang sejalan dengan peringatan Sumpah Pemuda,  ‘17,000 Islands of Imagination’. Sengaja atau tidak sengaja maknanya positif dan idealis.Tapi katanya tema ini merupakan pilihan dasri Frankfurt Book fair yang menetapkan Indonesia sebagai ‘Tamu Kehormatan’.   (http://www.ubudwritersfestival.com/program-category/main-program/)

 

ubudwriter